Pages

Minggu, 10 Juli 2011

Baantaran Jujuran

Baantaran jujuran biasanya dilaksanakan setelah acara "badatang" atau lamaran dilakukan, pada saat lamaran inilah jumlah jujuran disepakati oleh kedua belah pihak ( dari keluarga laki laki dan perempuan )
 
Acara adat ini masih dilaksanakan menjelang hari pernikahan atau pada hari pernikahan itu sendiri yang khusus dilakukan oleh ibu-ibu/wanita dari kedua belah pihakberupa uang, disamping itu juga ada yang namanya "tikar kelambu". Tikar kelambu ini bukan berarti tikar sama kelambu, tapi hanya sebuah kiasan yang isinya perlengkapan kamar pengantin, seperti lemari pakaian, meja rias, ranjang, kain, sepatu wanita, peralatan make up, bahkan ada yang sampai ke pakaian dalam segala. Tapi semuanya tentu berdasarkan kesanggupan calon suami dan keluarganya, jumlahnya pun sekedarnya saja. semuanya dikemas dalam beberapa wadah yang telah dihias sedemikian rupa.

Sebelum diserahkan ke pihak perempuan, melalui beberapa tahapan. Pertama, acara sambutan dan perkenalan dari masing-masing pihak. Dari pihak calon pria melalui juru bicaranya mengungkapkan maksud dan kedatangan mereka datang dan pihak perempuan melalui juru bicaranya menyambut kedatangan tersebut. Kedua, yang pertama kali diserahkan adalah jujuran yang berbentuk uang. Uang tersebut diletakkan disebuah tempat yang sudah disiapkan, didalam tempat uang tersebut terdapat beras kuning, daun pandan, permen, dan uang receh (koin), serta kayu sejenis centong untuk mengaduk. Beberapa orang tetua (orang yang dituakan) dari pihak perempuan, bergantian mengaduk tempat uang tersebut,mengaduk disini bukan berarti mengaduk sungguhan, tetapi hanya simbol saja. Ketiga, apabila ada kesepakatan untuk dihitung, uang tersebut kemudian dihitung didepan umum. Namun hal ini sudah jarang sekali terjadi, kecuali dilakukan oleh orang-orang yang kuat memegang adat. Keempat, menyerahkan cincin, kalau memang ada. Kelima, menyerahkan barang-barang bawaan lainnya. Kemudian ditutup dengan doa.

Demikian sekilas tentang adat baantaran jujuran yang masih dilakukan menjelang pernikahan
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar